Unibos dan Politeknik Bosowa Kembali Kukuhkan 1015 Alumni Periode 2023-2024

Prosesi wisuda Universitas Bosowa dan Politeknik Bosowa, Selasa 15 Oktober 2024. (Foto: Alur/Rio)

Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) kembali kukuhkan wisudawan/wisudawati Program Vokasi, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana ke-66 Universitas Bosowa dan ke-9 Politeknik Bosowa, Selasa 15 Oktober 2024.

Rektor Unibos Prof. Batara Surya menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua para alumni yang telah mempercayakan anaknya kuliah di Unibos.

Selain itu Prof Batara Surya juga berpesan kepada alumni agar menjaga nama baik almamater, jangan membuat sesuatu hal yang mencoreng nama baik kampus Unibos.

"Untuk itu saya berpesan kepada para alumni agar senantiasa menjaga nama baik almamater, tampillah percaya diri agar diterima di masyarakat,"ujarnya di hadapan wisudawan/wisudawati di Gedung 45 Universitas Bosowa, Selasa 15 Oktober 2024.

Prof. Batara menambahkan, prosesi wisuda merupakan pengakuan setelah para wisudawan/wisudawati telah melalui tahapan proses pendidikan di Universitas Bosowa dan Politeknik Bosowa.

"Setelah ini anda akan memasuki lingkungan kerja dan beradaptasi dengan masyarakat. Hal baru yang anda jalani adalah perbedaan status, peran, hak dan tanggung jawab. Peran anda di dunia kerja dan masyarakat akan sangat penting dan strategis untuk perjalanan karir anda ke depan,"beber Prof Batara.

Bekal ilmu pengetahuan dan kompetensi akademik yang anda miliki ini tidak cukup kalau tidak dibarengi skil, keahlian dan penguasaan teknologi,"sambung Prof. Batara.

Menurut Prof. Batara, ada enam peran penting yang akan dijalani para alumni ke depan yaitu:

1. Digital teknologi dalam arti anda menjadi penyampai informasi dan pendidik digital untuk mengedukasi masyarakat, tentang teknologi digital, keamanan internet dan etika online.

2. Inofator dan pengembang aplikasi dalam hal ini anda akan mengembangkan aplikasi dan teknologi baru melalui kreativitas dan dengan semangat inovasi yang anda miliki.

3. Penggerak perubahan sosial dalam hal pemanfaatan media sosial untuk membangun kesadaran dan memobilisasi dukungan dan mengavokasi isu-isu seperti ini.

4. Peneliti dan pengembang teknologi dalam hal mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi terkini.

5. Agen perubahan dalam arti anda akan mampu mencibtakan masyarakat yang lebih inklusif seara digital.

6. Penjaga nilai dalam hal menjaga dan menyebar luaskan nilai-nilai yang bersifat mutlak kewenangannya seperti nilai kejujuran gotong-royong, empati, integritas keadilan dan nilai manfaat lainnya.

Dia juga meminta kepada semua alumni agar senantiasa jadi pribadi yang luar biasa dan rendah hati.

"Ingatlah saudara seorang ilmuwan, artinya ilmu yang saudara miliki digunakan untuk sang pencibta dan masyarakat,"pesannya.

"Gunakan ilmu tersebut untuk membawa kemaslahatan umat,"tutupnya.

Diketahui karena banyaknya alumni yang diwisuda, Unibos akan melangsungkan wisuda selama tiga hari.

:Berikut rincian jumlah Wisudawan Periode II TA 2023/2024:

1.Pascasarjana Sebanyak 214 Mahasiswa
2.Fakultas Teknik Sebanyak 236 Mahasiswa
3.Fakultas Kedokteran Sebanyak 36 Mahasiswa
4.Fakultas Psikologi Sebanyak 74 Mahasiswa
5.Fakultas Hukum Sebanyak 66 Mahasiswa
6.Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Sebanyak 66 Mahasiswa
7.Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Sebanyak 49 Mahasiswa
8.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sebanyak 163 Mahasiswa
9.Fakultas Pertanian Sebanyak 98 Mahasiswa.

Jumlah Wisudawan Universitas Bosowa sebanyak 1.002 Mahasiswa.

Sementara jumlah wisudawan Politeknik Bosowa sebanyak 13 Mahasiswa. Jadi total Wisudawan sebanyak 1.015 Mahasiswa. []

Komentar Anda