Alur.id
    Berita    Detail Article

Ikut Niera Competition 2024, Tim FH UMI Makassar Raih Juara 3

FH UMI Makassar

Makassar - Tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Muslim Indonesia (UM) Makassar berhasil menjadi pemenang pada Neira Competition 2024.

Dimana, Tim FH UMI berhasil meraih Juara 3 dan meraih medali perunggu.

Neira Competition 2024 berlangsung di Kampus Universitas Banda Neira (UBN) Maluku Tengah pada tanggal 25 hingga 26 Mei 2024 lalu. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Sentosa Foundation bersama UBN Maluku Tengah.

Tim FH UMI Makassar dalam kompetisi ini diikuti tiga mahasiswi yakni Sri Ayu Lestari, Nurdiana Rasyid dan Arini Ummulya Ilham. Dimana dalam kemenangan mereka menjadi juara tiga pada subtema hukum.

Dekan FH UMI Makassar Prof. Muhammad Rinaldy Bima mengatakan, FH UMI telah menerima secara resmi piagam kemenangan tersebut.

Ia pun memberikan apresiasi terhadap mahasiswa dalam kegiatan apapun, termasuk kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini.

“Jadi kami sudah terima secara resmi, mereka memberikan kontribusi positif terhadap Fakultas Hukum UMI secara khusus, dan UMI secara umum,” kata Prof Rinaldy, dalam keterangan resminya, Kamis (06/6/2024).

Prof Rinaldy juga menuturkan, pihak Fakultas Hukum UMI tentunya memberikan dukungan dan apresiasi kepada seluruh mahasiswa dalam setiap kegiatan yang bersifat membangun.

“Dukungan itu kami berikan dengan menyiapkan anggaran untuk biaya-biaya keperluan-keperluan lomba,” bebernya.

Dukungan lainnya tentunya diberikan dalam bentuk pemberian penghargaan (reward) atau kemudahan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Bahkan ada yang diangkat menjadi dosen, karena memenangkan dan mengikuti lomba secara nasional. Seperti debat dan seterusnya,” terangnya.

Termasuk juga diberi peluang untuk menjadi tenaga pendidik di Fakultas Hukum UMI, serta hadiah umroh.

Sementara itu, Wakil Dekan 3 FH UMI Muhammad Ya'rif Arifin menambahkan, Kompetisi Neira ini diikuti oleh banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Fakultas Hukum UMI sendiri mengutus satu tim dan alhamdulillah kita meraih juara tiga dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional,” ungkap Ya'rif.

Olehnya, sebagai bentuk dukungan terhadap mahasiswa yang mengikuti lomba, Fakultas Hukum UMI menyiapkan tim pendamping untuk membimbing dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi lomba.

“Jadi ada pendamping dari dosen dan itu ditugaskan langsung dari pimpinan fakultas untuk memberikan arahan-arahan. Termasuk mendampingi dan memberikan masukan bagaimana siswa mempersiapkan dirinya untuk lomba tersebut,” jelasnya.

Pendamping yang disiapkan tentunya sesuai kebutuhan siswa. Khususnya pada perlombaan karya tulis ilmiah ini yang dipersiapkan siswa sekitar dua bulan.

“Jadi Bapak Rizki Ramadani sebagai salah satu dosen disini kami tugaskan untuk memberikan pendampingan khusus agar mengikuti kegiatan dengan baik,” terang Ya'rif.

Terpisah, salah satu mahasiswa Nurdiana Rasyid mengungkapkan, Neira Competition ini merupakan lomba karya tulis ilmiah nasional.

Dalam mengikuti kegiatan tersebut sambil mengikuti beberapa tahap. Misalnya, sebelum memasuki tahap final atau presentasi peserta wajib mengikuti seleksi paper atau seleksi karya tulis ilmiah.

“Ada ratusan universitas yang masuk paper-nya, tapi hanya 15 tim lolos di subtema. Ada subtema hukum, kesehatan, pariwisata dan dua lainnya,” katanya.

Sementara itu, untuk Tim FH UMI sendiri berhasil masuk ke final atau sesi presentasi langsung yang diadakan di UBN dengan Melawan 15 tim lainnya.

“Disitu kami berhasil mendapatkan medali Perunggu atau juara 3 sebagai makalah tebaik di bidang hukum,” terangnya. []