Alur.id
    Berita    Detail Article

Ini 12 Program Prioritas Pro Rakyat Salman-Yusran untuk Abdya

Deklarasi Salman-Yusran di Abdya. (Foto: Alur/Syamsurizal).

Blangpidie - Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Salman Alfarisi-Yusran menyampaikan 12 program prioritas jika terpilih jadi kepala daerah di Pilkada 2024.

Salman Alfarisi mengatakan, 12 program prioritas tersebut terdiri dari program Peng Meugang. Dimana, masyarakat Abdya akan mendaptakan uang megang jika ia terpilih jadi Bupati Abdya.

Selain Peng Meugang, sebut Salman, Poma Mengandong juga menjadi program prioritas dalam kepemimpinannya nanti.

Dimana, program Poma Mengandong itu akan membantu ibu hamil dengan diberikan nutrisi yang cukup agar memastikan ibu dan bayi di kandungan sehat.

“Tentu program ini untuk menekan angka stanting di Abdya sembari memberikan edukasi kepada ibu-ibu muda tentang pentingnya asupan gisi yang tepat bagi calon bayi,” kata Salman Alfarisi, dihadapan puluhan ribu masyarakat, Senin, 23 September 2024.

Tidak hanya itu, Nikah Pree Pemuda Gigeh juga menjadi program prioritas. Program itu akan menggratiskan biaya nikah bagi calon pengantin muda.

Program itu dapat membantu pemuda yang berkeinginan menikah, sehingga dapat membantu dalam kekhawatiran akan biaya.

"Dengan program ini biaya nikah dan biaya buku nikah di KUA akan kita tanggung sepenuhnya agar mereka bisa melalui babak baru dalam hidup tanpa beban," sebut Salman.

Program Glee Meuhasee juga menjadi prioritas bagi pasangan SARAN. Hal itu guna mengembalikan kejayaan penghasilan ekonomi dari kebun-kebun rakyat di kawasan gunung yang membentang sepanjang Abdya, dari Lembah Sabil hingga Babahrot.

"Kemakmuran petani sawit selama ini harus ditularkan ke seluruh petani kebun dari kawasan gunung ke depannya," ucap Salman.

Kemudian, program selanjutnya yakni Teungku Tamong Sikula, program ini guna memastikan agar murid sekolah tingkat SD dan SMP memiliki fondasi agama yang kokoh.

"Kita juga ada program Pemulia Guree, program ini untuk meningkatkan kesejahteraan para guru agama, baik di pesantren, dayah maupun TPA," ucapnya.

Salman Alfarisi juga menyebutkan jika pihaknya akan memiliki program Kartu Tani dan Kartu Nelayan. Kartu itu untuk memastikan bantuan bagi petani dan nelayan tepat sasaran.

"Program Bantuan Tamoeng Sikula juga kita prioritaskan, kita akan membantu masyarakat miskin, dhuafa dan anak yatim dengan memberikan bantuan ketika masuk sekolah baik SD maupun SMP," kata Salman.

Tidak hanya itu, Salman Alfarisi dan Yusran juga memiliki program Gampong Terang Kota Ceudah, dimana di desa-desa akan dibuat lampu penerangan jalan, hal itu dapat membuat nyaman dan ketentraman bagi warga di desa.

Kota Blang Pidie akan dihias semanarik mungkin yang mengagumkan pengujung, dengan lampu dan taman-taman kota.

“Kita ada program Inong Haye, program ini untuk menambah pendapatan bagi ibu-ibu di desa dengan memberdayakan dan memberikan pelatihan bagi ibu-ibu di Abdya," sebutnya.

Pasangan Nomor urut 1 itu juga mengaku akan mengembalikan program santunan kematian, dimana sejak masa pj bupati program itu sudah tidak ada lagi. Sehingga, jika terpilih jadi bupati akan mengembalikan program kematian.

"Dan terakhir kita memiliki program Rumoh Sekat Puleh, pemerintah akan membangun rumah sakit megah tiga lantai, menggunakan lift dan semua ruang rawat inap full AC, membuat masyarakat nyaman ketika berada di rumah sakit, sehingga pasien dan keluarga merasa nyaman dan cepat sembuh. Selain mewah, rumah saket puleh juga membenahi kualitas layanan rumah sakit Abdya yang masih banyak kekurangan sana sini," katanya. []